Tips Mencegah Timbulnya Komedo

Komedo dapat hinggap pada segala jenis kulit, terutama kulit yang berminyak. Komedo yang membandel biasanya muncul di hidung. Selain pada wajah, komedo juga dapat muncul di punggung, bagian dada dan daerah lain yang kaya akan kelenjar sebaceous.

Cara Mencegah Komedo :

Berikut ini adalah upaya-upaya yang dapat anda lakukan untuk mencegah dan mengurangi komedo,

1. Membersihkan Wajah Secara Rutin
Cuci muka yang dianjurkan adalah 2 kali sehari. Mencuci wajah lebih dari 2 kali dapat menyebabkan iritasi pada kulit serata masalah kulit lainnya. Gunakan pembersih yang sesuai dengan kulit Anda dan gunakan pagi dan malam hari sebelum tidur.

2. Hindari Makanan yang Berminyak
Makanan berminyak dapat menjadi penyebab utama masalah pada kulit Anda. Cobalah kurangi konsumsi makanan berminyak dan diganti dengan memperbanyak sayur-sayuran dan buah-buahan. Minuman soda dan jus juga sebaiknya dihindari. Minum air putih yang banyak sangat baik agar kulit tetap bersih.

3. Meminimalkan Pemakaian Make-Up
Tidak semua orang cocok memakai make-up. Jika kulit Anda sensitif atau mengandung minyak berlebih sebaiknya Anda meminimalkan pemakaian make-up misalkan dengan menggunakan pelembab atau pewarna bibir saja. Hindari pemakaian eyeshade dan foundation setiap saat. Bahan-bahan kosmetik yang tidak sesuai dengan kulit akan menjadi pemicu utama timbulnya komedo.

4. Menggunakan Metode 2 Handuk
Hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah menyiapkan dua handuk, satu khusus untuk wajah dan yang lain untuk tubuh Anda. Tentunya Anda tidak ingin wajah Anda terkena minyak, kotoran, atau bahan kimia yang menempel pada tubuh Anda.

0 komentar:

Posting Komentar