Mengapa Kulit Wajah Berwarna Merah?

Menurut Dr.Linda Bruton, terdapat beberapa alasan kenapa seseorang memiliki kulit yang mudah memerah.

Salah satu penyebab kulit wajah menjadi merah, yakni Rosacea, merupakan kondisi kulit kronis yang dapat menyebabkan inflamasi atau peradangan pada pipi, dahi, hidung, dan dagu, hal ini disebabkan karena terjadi pelebaran pembuluh darah di bawah kulit. Dr.Bruton mengatakan kulit yang telihat bersih tapi mudah berubah menjadi merah pada kondisi-kondisi tertentu, misalnya saat malu, marah dan lain lain, memiliki potensi mengalami hal ini. Meskipun tidak ada penyembuhan yang pasti untuk Rosacea, kondisi ini dapat ditekan atau dihindari dengan menghindari terpapar matahari secara langsung dalam jangka waktu yang  lama, mengurangi stress, dan membatasi makan makanan yang terlalu pedas.

Dermatitis kontak disebabkan karena terlalu sensitif atau alergi pada zat tertentu, seperti produk pembersih,  dan lain-lain yang menyebabkan kulit memerah apabila kontak dengan kulit. Apabila Anda merasakan hal yang aneh atau semacam iritasi ringan setelah menggunakan produk tertentu, lebih baik berhenti menggunakan produk tersebut dan beralih pada produk dengan komposisi bahan yang lebih natural.

Alasan lain yang menyebabkan kulit menjadi merah yakni Psoriasis, yang menyebabkan kulit kering dan memerah, dan berjerawat. Dr.Bruton menyarankan untuk berkonsultasi kepada dermatologis untuk masalah jerawat pada kasus Psoriasis.  Dengan berkonsultasi ke dokter kulit akan membantu Anda untuk mendapatkan antibiotik dan pengobatan untuk menghilangkan noda kemerahaan dan jerawat dan menghindari kerusakan wajah lebih lanjut.

Selain itu juga terdapat makeup khusus bagi mereka yang memiliki masalah kulit yang memerah untuk membantu menutupi iritasi hingga mereka menghilang. Dr.Jessica Wu, seorang ahli kulit dari Los Angeles menyarankan bagi mereka yang memiliki masalah kulit ini sebaiknya menghindari pemakaian foundations dan powders yang mengandung bahan seperti Retinol, Vitamin C, dan glycolic acid, karena bahan –bahan tersebut dapat menyebabkan iritasi dan wajah kemerahan Dr.Wu menyarankan untuk menggunakan makeup mineral dalam bentuk powder, karena cenderung tidak aman bagi khususnya yang memiliki kulit sensitif.

Setelah mengetahui beberapa penyebab kulit menjadi merah, tentunya akan mempermudah Anda untuk menghindari terjadinya iritasi atau permasalahan kulit.

1 komentar:

  1. Kulit yang memerah bisa juga disebabkan oleh penyakit seperti rosasea

    BalasHapus