Perawatan Kulit Sensitif

Kulit sensitif adalah kulit yang memberikan respons secara berlebihan terhadap benda-benda atau kondisi tertentu, misalnya perubahan suhu, cuaca, bahan kosmetik, atau bahan kimia lainnya yang menyebabkan timbulnya gangguan kesehatan kulit. Jenis kulit sensitif tidak mudah menerima macam produk kosmetik.

Ciri-ciri kulit sensitif adalah, kulit mudah menjadi merah, gatal atau perih ketika terkena zat-zat tertentu, seperti bahan kimia yang terdapat pada produk kosmetik. Gatal atau perih saat terkena zat-zat tertentu, kerap kali dibarengi dengan kulit kering dan timbulnya jerawat.

Nah dengan melihat ciri-ciri diatas, maka kulit sensitif butuh perawatan seperti berikut:

Gunakan produk perawatan kulit yang hipoalergenik atau mencegah terjadinya reaksi alergi atau iritasi pada kulit. Gunakan produk-produk khusus untuk kulit sensitif yang terdapat label for sensitive skin.

Gunakan pelembab yang ringan.
Pilihlah pembersih wajah yang lembut dan tidak mengandung sabun (soap free) atau pembersih make up (make up remover) yang lembut.

Gunakan air, tisu, atau tisu pembersih khusus make up ketika hendak membersihkan rias wajah. Hindari penggunaan waslap karena terlalu keras dan dapat mengiritasi kulit. Hindari pula penggunaan air yang sangat dingin atau air hangat. Sebab, suhu yang ekstrim dapat mengiritasi kulit secara cepat.

Hindari scrub dengan bulir-bulir.
Gunakan penyegar yang tidak mengandung alkohoI. Hal ini karena produk yang mengandung bahan tersebut akan memicu reaksi pada kulit sensitif.

Pastikan produk kosmetik yang digunakan aman untuk kulit sensitif. Sebelum menggunakan suatu produk kosmetik, pastikan produk tersebut tidak menimbulkan reaksi negatif pada kulit. Caranya adalah dengan mencoba mengoleskan sedikit kosmetik tersebut pada dagu bagian bawah. Kemudian, tunggu selama beberapa menit. Jika kulit kemudian terasa panas, gatal, atau perih, tinggalkan produk tersebut karena tidak cocok untuk digunakan.

Gunakan tabir surya hipoalergenik tingkat tinggi dan aman digunakan setiap hari dan setiap kali hendak beraktifitas di luar ruangan.

0 komentar:

Posting Komentar