Cara Menyehatkan Kulit Kepala

Rambut sehat adalah dambaan setiap orang,untuk itu kulit kepala perlu sehat juga sebagai dasarnya. Biasanya untuk kesehatan kulit kepala, orang mempergunakan masker yang terbuat dari lumpur asli.

Banyak faktor yang memengaruhi terjadinya ketombe dan rambut rontok berlebihan. Dokter Susi Wang, pakar kulit dan rambut mengatakan, masalah ketombe dan kulit kepala lainnya bisa terjadi karena faktor genetik, hormonal, makanan, gaya hidup, dan aktivitas berlebihan.

Berikut ini ada beberapa cara perawatan rambut agar kulit kepala  tetap sehat:

1. Cuci rambut setiap hari
Lakukan perawatan tepat untuk kulit kepala. Mulailah dengan kebersihan rambut dan kulit kepala. Sebaiknya cuci rambut setiap hari.

2. Menggunakan produk perawatan rambut yang tepat
Michael Zimbalist, spesialis rambut menambahkan, penggunaan produk-produk perawatan rambut yang tepat bisa membantu masalah kulit kepala.
Selain memperhatikan cara menggunakan produk untuk rambut, yang harus diperhatikan juga adalah kandungan dari produk.  "Coba perhatikan bahan dasar shampo, kondisioner, bahkan cat rambut, hair spray, apakah kandungannya membahayakan kulit kepala kita. Terutama untuk yang kulit kepalanya sensitif, sebaiknya konsultasi dulu ke dokter sebelum menggunakan produk tertentu," jelas Michael.

3. Hindari kontak langsung dengan sinar matahari
Pada acara yang sama, Ketua Himpunan Ilmuwan Kosmetika Indonesia, dr Hendra Wong menambahkan, menghindari kontak langsung dengan sinar matahari juga bisa menjadi cara merawat kulit kepala. Jika terpaksa berhadapan dengan sinar matahari, maka usahakan menggunakan tutup kepala, sarannya.

4. Rajin menyisir rambut
Kebiasaan menyisir rambut ternyata punya banyak manfaat. Michael menyarankan untuk lebih sering menyisir rambut karena kebiasaan ini membantu memperlancar peredaran darah.

"Menyisir itu bukan hanya untuk merapikan rambut, tapi juga untuk memperlancar peredaran darah. Jadi jangan sepelekan menyisir rambut, terutama laki-laki. Kalau perempuan saya yakin tidak disuruh juga pasti selalu bawa sisir," tandasnya.

5. Makan buah, sayur, dan istirahat cukup
Asupan nutrisi dan istirahat yang cukup juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit kepala. "Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan. Ini adalah cara perawatan paling sederhana dari dalam tubuh. Istirahat atau tidur yang cukup juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit kepala," lanjut dr Hendra.

0 komentar:

Posting Komentar